Cara Membuat Sertifikat Online Google Form Auto Send Email
Kali ini saya akan memberikan tutorial Cara Membuat Sertifikat Online dengan Google Form Auto Send Email yang mana secara konsep tidak jauh beda dengan Cara Membuat Pengumuman Kelulusan Online Dengan Google Form yang nantinya secara otomatis akan terkirim ke masing masing peserta dalam bentuk PDF jadi tidak perlu Mencetak atau Mengubah PDF
Buat Google slide untuk template sertifikat
Kenapa harus membuat google slide, karena nanti google slide berfungsi sebagai template dari sertifikat online cara sebagai berikut
1. Buka google drive kemudian klik new dan pilih google slide.
2. Desain sertifikat seperti yang anda inginkan, atau anda bisa upload template sertifikat yang sudah ada buat dengan format jpg atau png
3. Insert text box dan ketikan <<NAMA>>
Buat Google Form untuk Generate Sertifikat Online
Agar E-Sertifikat bisa otomatis terkirim ke email responden maka kita harus membuat form baru dengan langkah sebagai berikut
1. Buka google drive klik new dan buka google form
2. Isikan pertanyaan Email, Nama atau bisa di tambah dengan pertanyaan lain, dan set menjadi required atau pertanyaan wajib
Setting Google Spreadsheet Addon
Untuk menginstall pertama yang harus anda lakukan adalah dengan membuka hasil respon google form, selanjutnya klik add on dan cari Autocrat dan install
Selesai install setting add on dengan klik open kemudian new job
Isi nama job dengan Sertifikat bisa juga anda ganti dengan E-Sertifikat kemudian klik next
Buka template sertifikat dengan klik Form Drive maka akan muncul seperti gambar dibawah kemudian klik select
Sesuaikan seperti gambar dibawah dengan data yang telah anda buat kemudian klik next
Menu selanjutnya isikan nama file dengan yang anda inginkan misalnya disini saya memakai Sertifikat kemudian nama responden " Sertifikat_<<Nama>> "
Setelah sesuai klik next, kemudian di menu Add dynamic folder reference (optional) klik next saja tidak perlu di rubah, masuk menu Set merge condition (optional) juga klik next saja.
Selanjutnya masuk menu setting share document klik Yes, pilih PDF dan klik Yes Allow collaborators to re share
Selanjutnya setting alamat email tujuan dengan memberikan text <<Email>> sesuai dengan nama kolom pada spreadsheet, kemudian judul bisa diisi dengan sertifikat seminar, deskripsi bisa dengan ucapan terimakasih
Setelah selesai semua kita bisa coba dengan klik logo run seperti tampak pada gambar diatas, jika berhasil maka pesan akan muncul di inbox dengan lampiran sertifikat seperti di bawah ini
Jika sudah selesai semua sekarang anda hanya mengasih link google form ke peserta atau bisa juga di embed ke web atau blog kita. jika khawatir disalahgunakan anda bisa menggunakan cara run job seperti saat kita mencoba dengan catatan semua data sudah terkumpul
Demikian tutorial google form kali ini tentang Cara Membuat Sertifikat Online Google Form Auto Send Email anda bisa mencoba form yang telah kita buat di sini dengan klik disini atau anda bisa mencopy file google slide sebagai template untuk e-sertifikat di source file panduan form