ID Card menjadi alat yang penting yang digunakan oleh lembaga guna memberikan identitas bagi seleuruh petugas bahwa mereka merupakan bagian dari lembaga tersebut
Untuk membuat ID card memang banyak cara yang biaa digunakan tergantung dari kebutuhan masing-masih pembuat ID card tersebut
Untuk tips kali ini panduan form memberikan tips dan trik membuat ID Card dengan Google Form yang bisa di terapkan di tempat kerja kalian
Untuk studi kasus yang akan di contoh kai ini adalah membuat ID Card Panitia acara di sekolah dan berikut adalah tata cara membuatnya
1. Membuat Form baru Google Form
2. Isikan Judul dan Deskrpsi
3. Isikan Pertanyaan sesuai dengan kebutuhan data yang akan di masukkkan dalam ID Card dan kali ini dalam panduan ini akan di contohkan dengan membuat pertanyaan nama, no hp, email, jabatan
4. Setelah Form sesuai maka selanjutnya maka kita sekarang menuju menu respons klik logo spreadsheet untuk create spreadsheets
6. langkah beriktunya adalah menyiapkan Google Slide sebagai template dan dari panduan ini kalian bisa download terlebih dahulu melalui Source File
7. Berikutnya Pilih Add ons kemudian klik get Add ons kemudian kalian bisa cari dan install Add on Google Sheet Autocrat
8. Setelah terinstal klik menu extensions kemudian pilih autocrat selanjutnya klik open
9. Setelah terbuka klik New Job, Isikan Judul kemudian klik Next
10. Pilih file sebagai template slide kemudian klik Next dan jika belum membuat kalian bisa salin dari file template yang ada di Source File
11. Langkah berikutnya masuk kepengaturan data, disini kalian bisa sesuai dengan yang kalian inginkan atau bisa seperti dalam panduang ini seperti gambar di bawah
12. Langkah setting nama file pada panduan ini setting nama file ID Card adalah ID CARD_Nama artinya nama file yang akan dibuat nantinya teks ID CARD di ikuti _Nama sesuai isian Google Form
13. Langkah selanjutnya jika ingin menempatkan folder file ID CARD di folder khusus kalian bisa membuat terlebih dahulu kemudian setting destination folder ke Folder yang kalian inginkan
14. Berikutnya kalian juga bisa membuat dinamic folder dari header table namun ini hanya pilihan saja boleh di gunakan dan boleh tidak tergantung dari keperluan saja
15. Langkah selanjutnya Set Merge Conditon kalian bisa klik next jika tidak ada kondisi tertentu dalam tabel yang akan di atur
16. Selanjutnya Setting share docs dan send email jika pilih No jika file tidak ingin dibagikan secara langsung setelah submit atau klik yes jika ingin share setelah input form ID CARD
17. Langkah berikutnya yaitu dengan setting Triger klik Yes Run On Trigger agar setelah ada data baru yang di input akan otomatis generate ID CARD tersebut
18. Terakhir jika semua setting telah selesai maka selanjutnya kita bisa tes dari setting yang telah kit abuat dengan klik tanda PLAY di job Autocrat
19. Berikutnya maka kalian bisa cek link file yang ada pada spreadsheet jika sudah sesuai terkait data yang kita set merge maka berarti sudah sesuai dan bisa digunakan
Demikian Tutorial Google Form kali ini mengenai Membuat ID Card Dengan Google Form yang bisa kalian coba dan terapkan dalam pekerjaan kalian. Untuk perlu diperhatikan sebelum mengimplementasikannya kalian harus benar-benar cek terlebih dahulu, agar tidak terjadi kesalahan setelah publish.