Skip to main content

Search

Cara Menggunakan Zoho Form

Saat ini begitu banyak para pengembang aplikasi yang mengembangkan aplikasi untuk Membuat Form Online selain Google Form atau Form JotForm ternyata ada aplikasi Form online lainya yang Populer yaitu Zoho Form

Nah kali ini Panduan Form akan membahas mengenai Cara Membuat Form Online Dengan Zoho Form dan sebelum kita masuk ke pembahasan utama kita akan jelaskan berbagai hal mengenai zoho form

Daftar Isi

Apa Itu Zoho Form

seperti yang sudah dijelaskan diatas Zoho Form itu apa ? Zoho Form Adalah Aplikasi untuk Membuat form Online yang bisa dibuat secara mudah dan instan yang bisa di buat secara Gratis maupun berbayar untuk lebih jelasnya bisa di lihat di postingan sebelumnya mengenai Aplikasi Mirip Google Form

Fitur Zoho Form

Zoho form bisa dibilang memiliki fitur yang sangat menarik untuk digunakan, aplikasi ini memiliki fitur seperti Notifikasi, Bagikan formulir, Data Analitik, Kustomisasi, Otomatisasi,  Pembayaran, Formulir seluler, Keamanan

Zoho juga bisa terintegrasi dengan berbagai aplikasi seperti Zoho Sheet, Zoho Crm,,Salesforce, Zoho Sign, Zoho Campaigns, Zoho Desk, Zapier, Zoho Writer, Zoho Projects,  Google Sheet, Microsoft 365 Wordpress, G Suite,  Google Sheet dan beberapa aplikasi lainnya yang tentu semakin lengkap fitur dari Zoho Form tersebut

Kapasitas Zoho Form Versi Gratis

Saat artikel ini ditulis Untuk kapasitas dari zoho form untuk Versi Gratis adalah kapasitasnya hanya untuk satu pengguna dengan jumlah formulir tiga dengan pengiriman 500 per bulan serta dengan kapasitas penyimpanannya adalah 200 MB

dan mungkin untuk untuk keperluan personal kami rasa itu cukup namun anda juga bisa berlangganan untuk mendapatkan kapasistas dan fitur yang lebih banyak, cek di https://www.zoho.com/id/forms/plan-comparison.html

Daftar Zoho Form Gratis

untuk mulai mencobanya anda dapat mendaftar terlebih sign up ke Zoho Form agar anda bisa mengikuti panduan ini dengan lebih paham dan berikut langkah untuk mendaftar

1. Buka Zoho Form https://www.zoho.com/id/forms/

2. Silahkan masukkan form Register yang ada di halaman tersebut atau jika anda menggunakan akun gmail untuk mendaftar anda bisa klik logo google

3. Kemudian masukkan alamat gmail anda selnajutnya klik berikutnya



4. Centang persetujuan kemudian klik Continue kemudian anda akan di bawa ke dashboard akun anda sekarang anda melanjutkan untuk membuat form ikut petunjuk di bawah cara menggunakan zoho form

Cara Menggunakan Zoho Form

Setelah mendaftar akun zoho form sekarang kita akan coba share Cara Menggunakan Zoho Form dan kita akan coba membuat zoho form untuk absensi , yang mana field yang akan kita buat ada 3 yaitu Nomor Indek, Nama, dan Tandatangan. langsung saja bisa anda ikuti langkah-langkah berikut ini

1. Setelah proses daftar dari selesai anda akan di masuk ke dashboard akun zoho form, sekarang klik Lets Get Started untuk memulai membuat form pertama

2. Isikan Judul dan deskripsi kemudian klik create 3. Pilih Basics field kemudian pilih yang Number untuk membuat pertanyaan Nomor Induk
4. kemudian di field yang telah kita buat akan muncul di bawah header kita bisa edit dengan klik tombol properties untuk merubah nama field menjadi Nomor Induk
5. Setting field menjadi Nomor Induk anda bisa isikan deskripsi dan range numbernya kemudian save seperti pada gambar di bawah
6. Selanjutnya pilih field name seperti pada number kemudian lakukan hal yang sama kemudian klik properties isikan Nama Lengkap dan Deskripsi bisa melihat gambar di bawah
7. Kemudian untuk membuat Tanda tangan di Zoho Form klik menu advance fields kemudian pilih Signature
8. Setting field ganti nama field menjadi Tanda Tangan Kemudian klik save
9. Selanjutnya kita bisa mencoba form yan gkita buat dengan Klik Acces Form untuk melihat dan mencoba form yang telah kita buat tadi jika masih kurang menari ikuti langkah berikutnya di bawah ini

Menggunakan Template Zoho Form

Agar tampilan lebih menarik anda menggunakan template yang sudah disediakan dengan dengan cara berikut
1.  klik menu themes kemudian coba pilih flower kemudian pilih dengan klik tanda centang kemudian klik yes untuk menyetujuinya
2. setelah selsai kita memilih template sekarang akn bisa melihat Tampilan seperti pada form yang telah di buat dalam panduan ini seperti terlihat di link https://forms.zoho.com/panduanform/form/ABSENSIZOHOFORM

Setelah Absensi Zoho Form telah selesai kita buat sekarang anda bisa share link kepada para peserta  dengan  klik menu share

blok link kemudian copy link tersebut

Paste untuk share ke  WhatsApp, telegram atau media lainnya sesuai keinginan anda, dan untuk short URL anda bisa menggunakan Aplikasi Short URL di luar zoho form

Short URL Zoho Form

Untuk memperpendek link tersebut  anda bisa menggunakan bit.ly seperti yang dilakukan di artikel  Menggunakan bit.ly untuk Memperpendek Link Google Form walaupun di panduan tersebut studi kasus yang di gunakan pada Google Form namun pada intinya sama setelah Copy Url anda bisa melanjutkan untuk paste di bit.ly

Selain bit.ly anda juga bisa memperpendek di Aplikasi Short URL yang lainya seperti s.id,Tiny.cc dan masih banyak lagi

Setelah link menjadi pendek anda sekarang anda bisa share link ke social media atau media yang anda inginkan


Membuat Laporan Zoho Form

Agar kita tahu hasil dari form tersebut maka di perlukan laporan dan berikut adalah cara membuat laporan Form yang telah kita buat dengan Zoho Form dan berikut adalah langkah-langkahnya

1. Klik Home pada pojok kanan atas menu laporan kemudian klik Reports

2. Berikutnya klik New Report

3. sikan data sesuai dengan yang anda inginkan dan silahkan klik create

4. Setting laporan dengan mengganti Time Zone dengan waktu time zone yang anda inginkan di panduan ini kita contohkan dengan time zone indonesia jakarta kemudian klik simpan
5. Untuk melihat laporan anda bisa kembali kemu laporan kemudian klik Report maka akan tampil laporan dan form yang telah dibuat

Melihat Analisa di Analytics Zoho Form

Berikut adalah langkah langkah untuk melihat Analytics di Zoho Form

1. Untuk melihat analisa dari form yang telah kita share kita bisa klik menu analytics
2. Berikut adalah tampilan dari analytics hasil dari form yang telah kita share

Demikian Panduan kali ini tentang Cara Menggunakan Zoho Form untuk membuat Absensi Zoho Form dengan tanda tangan. anda juga bisa bisa menggunakan form online gratis Google Form untuk membuatnya lihat di Cara Membuat Google Form dan jika anda melihat gambar yang kurang jelas anda bisa melihat Dokumentasi Gambar