Skip to main content

Search

Membuat Mail Merge di Google Docs Spreadhseet Seperti Mail Merge Ms word dan Excel untuk Cetak Label

Membuat label dalam jumlah yang banyak tentu sangat susah apabila kita harus cetak satu persatu. apalagi jika yang kita butuhkan dalam waktu yang sangat cepat dan bagiamana jika data tersebut dari Google docs

Google Docs sudah memiliki banyak fasilitas yang tidak jauh beda dengan ms word di google document dan ms excel di google spreadsheet salah satunya adalah membuat mail merge seperti di ms word yang di ambil dari data excel 

Baca juga : Cara Menghapus Halaman di Google Docs Documents

kali ini kita akan bahas bagiamana membuat mailmerge untuk cetak label lansung saja kita mulai dengan cara betikut

Cetak Label Google Documents dengan Avery Label

Cara pertama ini kita adalah cara yang mungkin lebih mudah pengelolaannya karena semua data dan desain berada dalam satu aplikasi google dengan add on Label. untuk memulainya silahkan ikuti langkah langkah berikut

1. Buka akun gmail

2. Buat Spradsheet baru klik https://docs.google.com/spreadsheets kemudian buat spreadsheet baru

3. Buat judul dengan "Data Label" 

4. Buat tabel dengan No, Nama, Alamat

Membuat Mail Merge di Google docs spreadhseet di Ms word dan Excel untuk Cetak Label


5. kemudian klik Add-on > Dapatkan Add-on kemudian cari Avery Label Merge jika sudah ketemu klik install dan ikuti langkah-langkahnya sampai selesai

6. Setelah terinstal Add-on > Avery Label Merge > Start tunggu sampai proses selesai

7. Setelah selesai pilih template dan tambah kolom yang akan di tampilkan kemudian klik merge setelah proses selesai klik Yes kemudian klik Close

Membuat Mail Merge di Google docs spreadhseet di Ms word dan Excel untuk Cetak Label
8. Selanjutnya kita buat Document baru untuk cetak dengan klik https://docs.google.com/document
dan beri nama dengan "cetak Label"

9 Langkah selanjutnya klik Add-on > Avery Label Merge > Start
Membuat Mail Merge di Google docs spreadhseet di Ms word dan Excel untuk Cetak Label

10. Klik data label jika ingin merubah file untuk data label, refresh jika melakukan perubahan di spreadsheet klik add jika akan menambah row 
Membuat Mail Merge di Google docs spreadhseet di Ms word dan Excel untuk Cetak Label

11. jika sudah sesuai klik merge tunggu sampai proses selesai kemudian klik Yes dan kemudian klik cetak
12. Setelah tersetak akan terlihat seperti gambar dibawah ini
Membuat Mail Merge di Google docs spreadhseet di Ms word dan Excel untuk Cetak Label


13. Tips agar kita bisa mencetak lebih dari 25 row maka hapus dulu row yang sudah di merge kemudian ulangi merge kembali yang sebelumnya kita refresh dahulu sheet nya melalui add on 

Cetak Label Google Documents dengan Add on Create & Print Labels - Avery Label Maker

1. Buat langkah 1 sampai dengan 4 seperti tutorial avery label seperti tabel ini
2. Instal add on Create & Print Labels - Avery Label Maker
3. Klik Add-on > Avery Label Merge > Start
4. Pilih template kemudian sheetnya kemudian klik add a merge field sesuaikan dengan yang di inginkan kemudian klik Create Labels
5. Langkah Selanjutnya anda tinggal membuka hasilnya dengan klik open document dan akan terlihat seperti gambar di bawah ini atau anda bisa melihat langsung disini




Demikian tadi Tutorial Membuat Mail Merge di Google Docs Spreadhseet Seperti Mail Merge Ms word dan Excel untuk Cetak Label untuk berikutnya akan saya bagikan melalui cara lain di tunggu saja updatenya di artikel ini