Cara Menghitung Masa Kerja di Excel & Google Sheet

 Mengelola data pegawai tentunya tidak lepang dengan perhitungan masa kerja tiap pegawai oleh karena itu kit asebagai admin harus selau siap saat data dibutuhkan.

Bagi anda yang sudah memiliki sistem kepegawain yang handal tentunya tidak perlu pusing lagi menghitung karena tentunya dalam sistem tersebut sudah disediakan secara otomatis tanpa menghitung secara manual, namun bagi anda yang belum memilikinya tentunya anda harus menghitungnya misalnya saja menggunakan google sheet atau excel dan secara function dalam perhitungan masa kerja ini sama bisa digunakan di excel maupun google spreadsheets, dan berikut adalah langkahya.

Buat seperti pada contoh tabel dibawah ini atau anda bisa juga langsung implementasikan dalam perkerjaan anda. dimana natinya kita menghitung masa kerja pada cell E 

Masukkan formula pada cell E1 yang selanjutknya anda bisa tari kebawah sampai semua cell terisi

=DATEDIF(D2; TODAY(); "Y") & " Tahun " & DATEDIF(D2;TODAY(); "YM") & " Bulan " & DATEDIF(D2;TODAY(); "MD") & " Hari"

Setelah formula tersebut dimasukkan maka hasilnya akan terlihat seperti dibawah ini 

Penjelasan Formula :

1. DATEDIF(D2; TODAY(); "Y") & " Tahun" digunakan untuk menghitung dalam tahun

2. DATEDIF(D2;TODAY(); "YM") & "Bulan " digunakan untuk menghitung sisa bulan dalam tahun berikutnya yang belum genap 1 tahun

3. DATEDIF(D2;TODAY(); "MD") & " Hari" digunakan untuk menghitung jumlah hari pada bulan berikutnya yang belum genap 1 bulan 

Seperti yang sudah disampaikan di atas bahwa formula ini bisa juga di gunakan pada google sheet dan berikut adalah hasil dari penerapan di google sheet



Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan benar