Skip to main content

Search

Daftar Rumus Excel Yang Admin Wajib Ketahui

Bekerja sebagai seorang admin di perusahaan tentunya memerlukan skill dalam menggunakan aplikasi komputer salah satunya adalah Aplikasi Excel. Oleh karena itu perlu seorang admin memahami berbagai macam Fungsi dan Rumus Excel agar lebih memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan

Walaupun tidak sedikit juga mengabaikannya karena sudah merasa nyaman dengan apa yang dilakukan dan hanya bekerja secara monoton asal pekerjaan selesai, tidak salah sih namun apabila kita mengetahui lebih banyak fungsi dan rumus excel tentunya itu akan lebih memaksimalkan kita dalam bekerja baik secara kecepatan maupun kevalidan data yang kita olah

Ada beberapa Rumus Excel yang minimal bisa kita pelajari untuk memudahkan kita dalam bekerja sebagai admin dan berikut adalah Daftar Rumus Excel Yang Admin Wajib Ketahui 

1. Rumus Excel Operator Matematika

Rumus ini tentu menjadi dasar sekali dalam mengelola data, karena hampir semua membutuhkan misalnya saja jika bekerja di instansi pendidikan  sebagai admin akademik kita bertugas untuk mengelola nilai tentu operator matematika sangat dibutuhkan untuk menambahkan, mengurangi atau perkalian dalam penilaian

2. Rumus Excel SUM

Rumus SUM ini wajib juga buat kalian yang akan melamar pekerjaan sebagai admin atau bahkan kalian yang sudah bekerja sebagai seorang admin, baik admin gudang atau admin perkantoran lain.

Kenapa karena jika kita bekerja sebagai admin rumus ini akan banyak dan sering kita gunakan misalnya untuk menghitung, jumlah barang ,jumlah gaji dan lain lainnya

Oleh sebab itu Rumus ini juga sudah sangat familiar namun tidak sedikit yang belum tahu jika ada berbagai macam SUM seperti SUMIF, SUMIFS, SUMPRODUCT dan masih ada beberapa fungsi SUM lainnya 

3. Rumus Excel COUNT

Rumus excel ini bagi seorang admin sangat membantu sekali dimana rumus ini akan membantu kalian dalam menyelesaikan pekerjaan dengan aplikasi excel

Contoh jika kita ingin mencari berapa jumlah data yg telah kita masukkan kita bisa menggunakan rumus count excel dan dengan cepat kita bisa mengetahui jumlah data dari data yang telah kita buat

Sama halnya dengan rumus SUM excel Count excel juga terdiri dari berbagai jenis seperti COUNTA, DCOUNT, COUNTIF dan beberapa fungsi count lainnya dan kalian bisa membaca di penjelasan Rumus COUNT excel di blog ini

4. Rumus Excel IF AND OR

Fungsi excel ini bagi admin sangat diperlukan saat mengolah data di excel, dimana data tersebut terdiri dari macam macam kategori, nash dengan fungsi logika IF kalian bisa mudah dalam mencari suatu nilai berdasarkan kategori

Selain itu IF AND OR bisa juga lho kita gunakan untuk menvalidasi data. Contohnya jika kita sebagai admin kemudian kita bisa diminta untuk memasukkan data dari excel ke sebuah sistem

Nah kalian bisa menggunakan fungsi IF AND OR untuk menvalidasi data yang kita masukkan dengan membandingkannya.

Fungsi ini juga bisa jadi menjadi rumus yang sering ditanyakan dalam sebuah tes bagi calon admin di perusahaan

5. Rumus Excel AVERAGE

Bagi kalian yang bekerja di admin gudang atau admin pemasaran tentu harus mengusai rumus ini karen adnegan rumus ini kalian bisa mencari rata-rata dari data yang kalian kelola

Perlu diketahui juga bahwa average ini ada bermacam macam adan AVERAGE, AVERAGE IF, AVERAGE IFS dan masih ada beberapa macam dan sudah kita bahas di informasi sebelumnya mengeran rumus AVERAGE Excel

6. Rumus Text Excel

Rumus dengan kategori text ada berbagai macam namun yang sering digunakan oleh admin seperti rumus UPPER, LOWER, PROPER Excel dimana rumus ini berfungsi untuk memudahkan kita dalam merubah text sesuai kebutuhan seperti merubah menjadi huruf besar, kecil atau huruf besar di awal kata

Untuk mempelajarinya kalian bisa menbacanya di posintingan sebelumnya Cara Merubah Huruf Besar Kecil Kapital di Excel