Cara Membuat Rapat di Google Meet
Nah kali ini panduan form akan memberikan informasi kepada pembaca setia Cara menggunakan google meet untuk rapat online
1. Membuat Jadwal rapat
Membuat jadwal rapat ini sangatlah penting karena akan memudah peserta dalam mengatur jadwal rapat terutama orang-orang yang dianggap penting dalam rapat tersebut misalnya saja kepala sekolah. setelah kita mendapatkan waktu yang tepat kita bisa input di Google Calender agar kita tidak lupa akan jadwal tersebut
2. Membuat Undangan Rapat online
Setelah kita mendaptkan waktu untuk rapat kita selanjutnya bisa membuat surat undangan, dimana kita bia memanfaatkan google document untuk membuat surat undangan tersbut dan agar agar para peserta lebih mudah dalam join di google meet maka kita bisa membuat rapat google meet seseuai jadwal kemudian link tersebut kita bisa masukkan dalam undangan tersebut
Jika link terlihat bagus kalian bisa memperpendek link dengan Aplikasi Short Url yang mana kalian bisa sesuaikan nama link tersebut sesuai dengan yang diingikan dan tentu mudah untuk di baca, diingat yang tentunya mencerminkan dari instusi atau lembaga bisa dibaca juga Cara Mengganti Link di Bitl.y
3. Menyiapkan perlengkapan
Perlengkapan untuk rapat ini sangat penting kita siapakan apalagi jika konsep yang dinginkan secara hybrid maksudnya ada beberapa yang ingin melakukan rapat di tempat kemudian ada juga yang rapat secara online tentu perlengkapan yang harus disiapkan akan beda dengan konsep jiga semua online atau daring
Perlengkapan yang dibutuhkan seperti Laptop atau Pc Komputer, Kamera, mic kemudian yang tak kalah penting adalah untuk jaringan internet dan alangkah baiknnya menggunakan backup data internet agar sewaktu jaringan internet dilokasi kalian mati bisa langsung ganti dengan data internet dan paling tidak untuk kuota sepengalaman dari penulis kurang lebih 2 Giga kemudian untuk bandwith yang digunakan 10 mbps
4. Menyiapkan Absensi Rapat online
Dalam kegiatan rapat online tentu kita memerlukan absensi atu daftar hadir agar kehadiran peserta dapat tertekan dengan baik oleh sebab itu solusi yang dapat digunakan adalah dengan Membuat Absensi Dengan Google Form, setelah membuat kita bisa bisa share link google yang telah dibuat ke peserta melalui kolom komentar arau chat saat acara dimulai dan sedikit tips agar peserta mengikuti acara sampai selesai maka link absensi bisa di share di akhir acara
5. Membuat Link Rapat atau Meet Online
Untuk membuat Link rapat di Google Meet ada beberapa yang bisa kita lakukan kita diberikan pilihan dan semua tergantung dari apa yang kita inginkan misalnya saja jika kita ingin langsung menggunkan link tersebut
6. Membuat notelun Rapat online
Notulen rapat hal terpenting dalam sebuah rapat oleh sebab itu perlu ada seorang yang ditugaskan sebagai notulen agar hasil dari rapat tersebut bisa terdokumentasi dengan baik salah satu cara yang bisa digunakan untuk membuat notulen rapat yaitu dengan membuatnya di google document
Dimana dengan menggunakan google document akan lebih mudah dalam share ke pada peserta dari dari hasil rapat tersebut. Disamping itu juga apabila suatu saat nanti dibutuhkan kembali maka akan lebih mudah dalam mencari karena akan tersimpan dalam Google Drive
7. Dokumentasi Rapat Online
Dokumentasi Rapat Sangatlah penting karena dokumentasi tersebut dibutuhkan sebagai bukti penyelengaaraan Rapat tersebut disamping notulen dari hasil rapat tersebut. Untuk membuat dokumentasinya bisa melalui video rekaman atau hasil Record Google Meet juga Record Chat
Selain video kalian juga bisa membuat dokumentasi dalam bentuk gambar atau image dengan cara Screen Capture Meeting Online saat acara dimulai oleh sebab itu sangat penting adanya petugas yang bertugas untuk mendokumentasi acara tersebut
Demikian tadi beberapa Cara menyenlenggarakan Rapat online dengan Google Meet yang tentu bisa menjadi referensi saat kalian ingin menyelenggarakan Rapat online Melalui Google Meet agar bisa berjalan dengan lancar serta bisa terdokumentasi dengan baik.