Skip to main content

Search

Cara Menggunakan Rumus Index Google Sheet

Rumus Index termasuk dalam fungi untuk mencari suatu nilai seperti halnya rumus lainya yang terkait seperti Vlookup dan Hlookup

Namun pada dasarnya rumus index ini lebih dinamis dibandingkan dua rumus pencarian tersebut

Artikel ini akan membahas mengenai Cara Menggunakan Rumus Index Google Sheet namun agar lebih paham kita akan petakan mulai dari. sebgai saran pelajari juga Rumus MATCH agar nanti anda bisa menggunakan gabungan Fungsi INDEX MATCH di Google Sheet

Pegertian Fungsi Index kemudian seperti apa sintaksnya tentu saja cara menggunakan forluma tersebut untuk keperluan pengolahan data dengan Google Sheet

Daftar Isi

1. Pengertian

Fungsi Index Google sheet adalah formula untuk mencari data bisa dalam baris maupun kolom tergantung dari rumus tersebut di gunakan. misalnya kita akan mencari data dengan record yang  ribuan untuk mencari nilai dari sebuah record tersebut kita bisa menggunakan index untuk mempermudah kita dalam menemukan data tersebut

2. Sintaks Index

Secara dasar dari Argumen Rumus Index di Google Sheet adalah INDEX(reference, [row], [column])
dengan penjelasan sebagai berikut :

INDEX sebagai nama formula yang akan digunakan 
reference digunakan untuk menetukan referensi nilai dari cell.
row digunakan untuk Indeks baris yang akan dikembalikan dari dalam range referensi cell
column di gunakan untuk Indeks kolom yang akan dikembalikan dari dalam range referensi cell

3. Contoh Rumus Index Google Sheet

Untuk cara menggunakkanya kita bisa menuliskan Formula Index tersebut ke dalam cell yang diinginkan Kemudian ketikan formula seperti sinyal diatas dan disini kita akan coba menggunakan tabel dibawah, Anda cuma bisa Copy tabel spreadaheet yang telah di buat agar lebih mudah dalam belajar

Setelah anda buat tabel seperti diatas ketikan 3 rumus yang akan kita coba dimana yang 

a. Pertama kita mencoba mencari nama siswa yang berada di baris kedua maka rumus yang di gunakan adalah =INDEX(A2:C11,2,1) dan setelah anda enter maka hasil yang terlihat adalah Siswa 2


Penjelasanya adalah sebagai berikut

Penjelasan dari Fungsi Index Google Sheet 

NORUMUSKETERANGAN
1. INDEXMerupakan nama fungsi index 
2. A2:C11Referensi range nilai yang akan di cari
3. 2, 1Mencari baris ke 2 dari referensi range nilai pada kolom pertama

b. Kedua kita coba apabila kondisi baris dan kolom kosong atau di hilangkan masukkan rumus index  =INDEX(A2:C11,2) maka hasilnya adalah 

c. Ketiga kita akan coba dengan dengan menhilangkan kolom dan baris pada formula dan rumus index yang di ketikan adalah =INDEX(A2:C11) maka hasil yang ditampilkan adalah seperti terlihat pada gambar dibawah ini 

4. Kesimpulan

Setelah kita mencoba beberapa formula di atas dari Fungsi Index Google Sheet tersebut maka dapat di perleh kesimpulan bahwa

  • Rumus Index dapat mencari data sebelah kiri atau kanan 
  • Rumus Index dapat menggantikan copy seluruh tabel dengan menghilangkan atribut baris dan kolom hanya menggunakan range refernsi saja

Jika anda ingin duplikat spreadsheet hasil dari artikel ini kalian bisa dowload melalui Source File di blog Panduan Form